Kamis, 30 Oktober 2014

Natural resources : Water


AIR SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM

Pengertian Sumberdaya Alam       
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup di bumi. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan sebagainya. Dan kali ini penulis akan membahas mengenai AIR SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM.                 
Mata Air
Pengertian Sumberdaya Air 
Air adalah semua air yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah. Air dalam pengertian ini termasuk air permukaan, air tanah, air hujan dan air laut yang dimanfaatkan di darat. Sedangkan pengertian sumberdaya air adalah air dan semua potensi yang terdapat pada air, sumber air, termasuk sarana dan prasarana pengairan yang dapat dimanfaatkan, namun tidak termasuk kekayaan hewani yang ada di dalamnya.
penulis menyimpulkan bahwa proses terjadinya air itu butuh waktu yang cukup lama, mulai dari proses penguapan (evaporasi) akibat dari panas matahari, kemudian uap air tersebut akan terkumpul di udara yang mengalami pemadatan (kondensasi). Hasil dari kondensasi tersebut kemudian dikenal dengan sebutan awan. Awan akan bergerak akibat hembusan angin dan membuatnya saling bertindihan dan terus keatas hingga mencapai atmosfer yang memiliki suhu yang lebih dingin, sehingga membentuk butiran-butiran air dan jatuh ke permukaan bumi atau bisa disebut proses hujan. Hujan tersebut diserap oleh pepohonan disekitarnya dan butuh waktu berbulan2 hingga sampai di goa dan butuh bertahun-tahun untuk sampai ke mata air yang  bisa dimanfaatkan untuk mahkluk hidup. Karena air adalah sumber dari kehidupan mahluk hidup di bumi ini maka sudah sewajarnyalah kita harus menjaga dan merawatnya, jangan melakukan ilegaloging secara membabi buta karena dengan begitu air hujan tidak akan bisa terserap oleh akar pepohonan dan akan mengakibatkan banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

8 Manfaat sumber daya air

Seluruh makhluk hidup di muka bumi membutuhkan air. Sejak aal kehidupan, mahluk hidup terutama manusia telah memanfaatkan air untuk kelangsungan hidupnya, bahkan mutlak dibutuhkan manusia. Seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan industri, kebutuhan manusia akan air cenedrung meningkat. Berikut adalah manfaat sumber daya air sebagai pendukung kehidupan.
  1. Sumber bahan pangan. Manusia dan hewan dapat memperoleh sumber makanan dari perairan, seperti berbagai jenis ikan, rumput laut, kepiting, udang, kereang dan lainnya.
  2. Prasarana lalulintas air antar pulau atau antarbenua. Wilayah yang didominasi oleh perairan sangat bergantung pada lalulintas air, seperti adanya sungai atau laut  inilah hubungan antar wilayah dapat erjalin.
  3. Fungsi energi seperti pembangkit tenaga. Pergerakan air pasang dan surut dapat menghasilkan energi listrik. Selain itu, arus laut dapat dimanfaatkan ebagai energi pendorong perahu secara alami.
  4. Fungsi rekreasi. Kondisi pantai, danau, dan lau yang indah dan bersih difungsikan sebagai objek wisata.
  5. Fungsi pengaturan iklim. Perbedaan sifat fisik air laut dan daeratan dapat memengaruh gereakan udara (angin). Hal ini selanjutnya memanaskan perairan dan mengakibatkan penguapan kemudian turun sebagai hujan.
  6. Sebagai tempat usaha perikanan. Manusia memanfaatkan perairan sebagai usaha perikanan, seperti tambank udang, pengembangbiakan kerang mutiara dan sejenisnya.
  7. Sumber mineral, seperti garam, kalium karbonat, dan sejenisnya
  8. Sumber bahan tambang, seperti minyak bumi, timah, gas alam, dan sejenisnya
Dengan ke 8 manfaat sumber daya air ini kita dapat memaksimalkan sumber daya air yang ada dan tentunya tetap menjaga dan melestarikannya untuk kebutuhan sekrang dan masa yang akan datang.


REFERENSI :
  1. https://www.youtube.com/watch?v=369bBTgbSqo
  2. http://irwanzulkifli.wordpress.com/2013/10/23/air-sebagai-sumber-daya-alam/
  3. http://www.artikellingkunganhidup.com/8-manfaat-sumber-daya-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar