Minggu, 14 Desember 2014

listrik

LISTRIK



Listrik adalah elemen terpenting dalam kehidupan kita pada zaman modern ini. Hampir semua peralatan yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari bergantung pada sumber energi listrik. Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik juga dapat diartikan sebagai kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Atau listrik dapat juga diartikan sebagai sumber energi yang disalurkan melalui kabel, arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Ada 2 jenis muatan listrik yaitu: muatan positif dan muatan negatif. Muatan yang sejenis saling tolak menolak, sedangkan muatan yang berlawanan jenis akan saling tarik menarik.Besarnya gaya tarik dan gaya tolak ini ditetapkan oleh Hukum Coulomb. Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyai hambatan, maka akan dilepaskan panas. Semakin besar arus listrik, maka panas yang timbul akan berlipat. Sifat ini dapat kita temui aplikasinya pada setrika dan kompor listrik.

Aliran listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Pada listrik DC (Arus Searah) jika kita hanya memegang kabel positif, listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita. Begitupun jika kita hanya memegang kutub negatif. Pada listrik AC (Arus Bolak-Balik) listrik bisa juga mengalir ke bumi, hal ini disebabkan oleh sistem perlistrikan yang menggunakan bumi sebagai acuan tegangan netral (ground). Karena itu juka kita memegang sumber listrik dan kaki kita menginjak bumi atau memegang dinding, perbedaan tegangan antara kabel listrik di tangan dengan tegangan di kaki (ground) membuat listrik mengalir dari tangan ke kaki sehingga kita akan mengalami kejutan listrik.

Daya listrik dapat disimpan, misalnya pada sebuah aki atau baterai. Listrik yang kecil, misalnya yang tersimpan dalam baterai tidak akan memberikan efek setrum pada tubuh. Sedangkan pada aki yang besar, biasanya ada sedikit efek setrum, meskipun tidak besar dan berbahaya.

Referensi :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar